Kunjungan ke Museum Geologi


Senin, 21 Februari 2011

Bagian 2



Pada tanggal 21 Februari 2011, kami mengunjungi museum geologi di Bandung. Museum geologi ini beralamat di jalan Ponegoro no: 57 Bandung, sekitar 200 m dari provinsi Bandung. Gedung museum didirikan pada saat masa penjajahan VOC dan diresmikan juga pada tanggal 16 mei 1929.
Batu yang dibuat menyerupai kayu
Siswa-siswi pada saat menapakkan kaki di lantai museum geologi, segera disambut oleh berberapa moderator di sana. Kami lalu diarahkan ke ruang auditorium untuk melihat suatu film yang berjudul dunia yang terbentuk oleh waktu, dan hanya berdurasi 15 menit. Film tersebut menceritakan keadaan alam yang terjadi dengan adanya waktu. Juga diceritakan tentang kejadian alam terkenal seperti Gunung Everest yang terbentuk dikarenakan 2 pulau saling bertumbukan.
Trip berikutnya mereka berjalan ke ruangan dimana di dalamnya terdapat fosil-fosil yang sudah berumur ratusan tahun. Ada pemandu yang menjelaskan mengenai fosil itu kepada kami, seperti contohnya fosil kura-kura atau geochelone atlas yaitu kura-kura raksasa setinggi 1,5 m  dan panjang 2 m.

Selanjutnya, dengan dipandu oleh seorang wanita, siswa-siswi menuju ke suatu ruangan lagi yaitu ruangan Geologi Indonesia yang berlokasi di lantai dasar. Di dalam ruangan Geologi Indonesia terdapat berbagai macam barang zaman dahulu seperti bijih emas. Juga dijelaskan pembentukan bumi yang sebenarnya di Indonesia terdapat 129 gunung berapi yang aktif. Selain itu terdapat juga berbagai macam batu-batu zaman dulu.
Alat Masak Purba

Di lantai 2 ini terdapat berbagai macam kamar yang memiliki koleksi tersendirinya. Di sepanjang koridor terletak juga berbagai macam batuan dan di lantai atasnya terdapat berbagai macam miniatur seperti kapal pesiar zaman dulu. Selain itu juga ada gambar tentang kehidupan manusia purba dimana mereka memasak segala sesuatu dengan kayu gesek, dan ada juga ​suatu benda yang dinamakan ulekan. Daripada memotret objek-objek di museum itu, siswa-siswi lebih tertarik untuk  memotret diri sendiri.

Sedangkan di ruangan selanjutnya terdapat batu garam yang berbentuk kristal yang ditaruh di dalam lemari kaca.
Batu Kristal

0 comments:

Posting Komentar

Copyright 2009 BANDUNG. All rights reserved.
Sponsored by: Website Templates | Premium Wordpress Themes | consumer products. Distributed by: blogger template.
Bloggerized by Miss Dothy